Penyebab Banyak Bisnis Gagal

By | Sunday, December 07, 2014 Leave a Comment
Penyebab Banyak Bisnis Gagal
Banyak yang bilang kalau sebuah bisnis itu sudah dianggap mampu bertahan adalah ketika bisnis tersebut sudah melewati 5 tahun. Kenapa?

-->



Karena, memang selama 5 tahun pertama itu cobaannya banyak banget. Dari kesulitan mencari karyawan, membuat sistem, jualannya, sampe ngurusin karyawannya (hal terberat adalah ngurusin sumber daya manusia!). Ini yang saya rasain banget selama 8 tahun terakhir jadi entrepreneur dan sekarang pimpin 2 perusahaan dan jadi shareholder di 3 perusahaan lainnya.

Lupa pernah baca di mana, tapi ada yang bilang kalau rasio perusahaan yang berhasil melewati 5 tahun pertama dengan yang gagal adalah 1 : 1,000. Dengan kata lain, setiap ada perusahaan yang berhasil melewati 5 tahun, berarti ada 999 perusahaan lain yang gulung tikar.

Nah, apa penyebabnya? Menurut saya penyebabnya adalah karena kebanyakan orang yang mau usaha itu memilih usahanya hanya berdasarkan 'opportunity' (kesempatan). Contohnya gini: "Eh ada temen kita yang buka warnet laku banget loh di daerah Salemba. Buka warnet ah". Cuma ngeliat enaknya, trus ikut-ikutan.

Padahal, kalau mau buka usaha, NOMOR SATU: harus sesuai PASSION (apa yang kita cintai), dan kalau itu ditunjang dengan keahlian kita, ini menjadi 'lebih sempurna'. Contohnya gini: Saya cinta sama makanan, berarti saya bisa berbisnis rumah makan / warung. Kalau saya kebetulan juga punya leadership dan manajemen skill (meski ngga jago masak), saya tetap bisa buka rumah makan / warung yang sukses. Tinggal rekrut chef yang jago masak.

Jadi bisnis yang sukses itu kalau dimulai oleh foundernya atas rumusan: PASSION + KEAHLIAN.

Semoga bermanfaat, See you ON TOP!


Sumber: Kaskus

Newer Post Older Post Home

0 comments: