Baca Ini Dulu Sebelum Memutuskan Bermain Google Adsense

By | Friday, December 13, 2013

Internet Marketing adalah sebuah ilmu yang memelajari tentang seluk beluk mencari uang melalui internet, terutama yang sedang tren adalah melalui sebuah website yang memasang iklan di dalamnya. Internet Marketing membawa kita ke dalam suatu bisnis yang menghasilkan uang namun kita dapat melakukannya hanya dari dalam kamar kita sendiri. "Kantor" virtual kita adalah website yang kita bangun. Semakin baik website yang kita bangun, semakin baik pula "kantor" kita.

Sejalan dengan maraknya Internet Marketing, munculah berbagai media yang mewadahi kita untuk belajar Internet Marketing. Mulai dari munculnya ratusan buku yang berbahasa Indonesia sampai munculnya tempat-tempat belajar (kursus) Internet Marketing.

Namun yang sangat disayangkan adalah sebagian besar mereka hanya menitikberatkan terhadap penggunaan AdSense sebagai media pencarian uang. Tidak salah, namun sebenarnya mereka hanyalah mengobral janji. Mengapa? Akan dibahas mengapa pembelajaran Internet Marketing yang mengedepankan AdSense hanya mengobral janji.

AdSense adalah sebuah sistem periklanan yang dikeluarkan Google. Melalui AdSense, setiap pemilik sebuah website dapat memasang iklan yang telah ditentukan oleh Google. Melalui iklan ini, sang pemilik website dapat memeroleh uang dari Google dengan berbagai cara juga. Ada yang disebut Pay Per Click (PPC) dimana Google membayar kepada Anda dari tiap klik yang dilakukan di website Anda, ada pula yang disebut Pay Per Sale (PPS) dimana Anda akan mendapat "komisi" setiap kali seseorang meng-klik sebuah iklan dari website Anda dan membeli sebuah barang atau jasa.

Penegemasan dari Google AdSense pun banyak, mulai dari AdSense for Search dimana akan "ditanam" search engine Google pada website Anda dan jika seseorang meng-klik iklan yang terdapat pada hasil pencarian Anda maka Anda akan mendapatkan uang dari situ, sampai AdSense for Feeds dimana Google akan memasang iklan pada RSS Feeds website Anda.

Namun banyak yang menyebabkan bahwa AdSense ini hanya akan membuat Anda kecewa, tidak seperti janji-janji manis dari penulis dan pemilik tempat kursus yang membahas tentang Internet Marketing. AdSense, perlu Anda ketahui, memberikan "keuntungan" kepada Anda setiap klik yang dilakukan pengunjung website Anda. Dan ternyata dari setiap klik tersebut, Anda akan mendapatkan persenan yang jumlahnya bisa dibilang tidak besar (tergantung iklan yang diklik) yaitu hanya sekitar $1-$50 per 1000 klik.

Perlu diketahui bahwa membangun suatu website tidak semudah membalikkan telapak tangan. Membangun sebuah website mutlak memunyai sebuah konsep yang luar biasa untuk menjadikan website kita tersebut dikunjungi banyak orang. Dan hal itu tidak bisa dibangun dengan waktu 1,2, atau 3 bulan saja, waktu untuk membangun sebuah website yang baik bisa mencapai tahunan! Itu tidak termasuk waktu jika kita belajar untuk membuat sebuah website, bahasa pemrogramman-nya, database-nya, dll. Belum lagi dana yang kita investasikan untuk menyewa hosting dll. Tidak cukup itu saja, jika kita ingin membangun sebuah website yang baik, maka website itu harus aktif dan senantiasa di-update. Itu semua membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya.

Tidak hanya itu saja, jika memang Anda memiliki website yang dikunjungi banyak orang tiap harinya, belum tentu mereka akan meng-klik iklan di website Anda. Suatu riset yang dilakukan sebuah website independen mengatakan bahwa kecenderungan orang untuk mengklik sebuah iklan di suatu website hanya sekitar 2% dari jumlah pengunjung suatu website. Jadi jika ingin mendapatkan 1000 klik, pengunjung website tersebut harus sekitar 50000 orang!

Mungkin Anda berpikir setelah membaca tulisan di atas bahwa toh cukup menguntungkan mendapatkan (andaikan maksimal) $50 tiap 1000 klik, dan jika tiap bulan mendapatkan 10000 klik maka sudah $500 atau sekitar 5 juta rupiah. Namun mari kalkulasi, jika ingin mendapatkan 5 juta rupiah per bulan yang sekitar 10000 klik, maka website tersebut harus dikunjungi 500 ribu orang, yang berarti sekitar 17 ribu pengunjung setiap harinya! Hasil sebanyak itu sangat kecil untuk sebuah website yang dikunjungi 17 ribu orang per harinya. Dan perlu diketahui hanya beberapa website di Indonesia yang dikunjungi ribuan orang per harinya. Tetapi coba bayangkan waktu, tenaga, pikiran, dan biaya yang Anda keluarkan, akan sangat tidak sebanding. Lalu jika waktu yang Anda keluarkan tersebut dipakai untuk berbisnis hal lain, pasti akan jauh lebih menghasilkan, perlu diingat bahwa suatu website yang dikunjungi ribuan orang per harinya adalah website yang sukses. Bayangkan jika Anda bukan membangun website yang sukses melainkan sebuah toko (contohnya) yang sukses. Tentu hasilnya akan sangat jauh dari (hanya) sekedar 5 juta rupiah. Padahal membangun sebuah website yang sukses sama sulitnya dengan membagun sebuah bisnis yang sukses seperti toko contohnya.

Itu semua jika dapat mendatangkan ribuan orang per harinya, bayangkan jika website tersebut (hanya) dikunjungi ratusan-puluhan-atau tidak sama sekali! Bisa dikatakan bahwa hasilnya hampir 0! Padahal Anda sudah mencurahkan segalanya untuk website tersebut. Perlu diingat, jika mencairkan dana yang ada di Google AdSense, kita akan dikirim sebuah cek, dan untuk mencairkan dana tersebut akan kena charge dari bank sekitar $50! Padahal Anda sudah mencurahkan segalanya untuk website tersebut.

Jadi bisa disimpulkan, berbisnis mencari uang dengan Google AdSense sia-sia! Saya sangat tidak menyarankan untuk orang yang ingin membuka website untuk tujuan komersial menggunakan Google AdSense kecuali jika memang Anda ingin membuka website 'iseng' dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, mungkin Google AdSense ini bisa menjadi solusi, tentu dengan tidak mengharapkan hasil yang banyak. (NL)

Sumber: di sini



Newer Post Older Post Home