Science Of Getting Rich (3)

By | Wednesday, August 08, 2012 Leave a Comment
BAB 10

Penggunaan Lebih Jauh Dari Kehendak

Anda tak bisa mempertahankan sebuah gambar mental tentang kekayaan secara jelas dan benar-benar jika anda secara terus menerus mengalihkan perhatian pada gambar yang berlawanan baik gambar itu nyata maupun imajinasi. Jangan bicarakan tentang masalah keuangan anda yang buruk, jika anda pernah mengalaminya. Bahkan jangan pernah memikirkannya lagi. Jangan bicarakan tentang kemiskinan orang tua anda atau sulitnya kehidupan anda sebelum ini. Sebab melakukan yang demikian itu secara mental menempatkan anda pada situasi dan suasana miskin pada anda saat ini, dan ini akan membalikkan narah gerakan hal-hal yang anda ingini kearah berlawanan dengan anda. Letakkan kemiskinan dan semua hal yang berkaitan dengan kemiskinan seluruhnya di belakang anda. Anda telah menerima sebuah teori tentang alam semesta sebagai sesuatu yang benar dan anda meletakkan harapan-harapan akan kebahagiaan. Apa yang akan anda dapat dengan memberi perhatian pada teori yang berlawanan? Jangan membaca buku-buku yang mengatakan pada anda bahwa dunia akan kiamat, jangan baca tulisan penulis jelek dan filosof pesimistik yang mengatakan bahwa dunia menuju ke peradaban setan. Dunia tidak menuju ke setan, tapi menuju ke Tuhan. Dunia menuju keadaan yang lebih baik.

Benar mungkin ada banyak hal bagus tak bisa anda setujui tapi apa gunanya mempelajari hal itu jika hal-hal itu akan hilang dengan sendirinya dan jika dengan mempelajarinya hanya cenderung memperlambat musnahnya hal itu dan membuat hal-hal itu malah terus bertahan dengan kita? Mengapa membuang waktu dan perhatian pada hal-hal yang akan dimusnahkan oleh hukum petumbuhan evolusi peradaban bila anda bisa membantu mempercepat hilangnya hal itu dengan mendukung pertumbuhan evolusi sejauh peran yang menjadi tanggung jawab anda dalam pertumbuhan itu?

Tak masalah bagaimana buruk tampaknya kondisi di negara bagian dunia tertentu dan tempat tertentu, anda menyia-nyiakan waktu dan menghancurkan kesempatan anda dengan memikirkan hal-hal itu. Anda harus menarik diri anda ke dalam dunia menjadi kaya. Pikirkan dunia yang akan datang akan dipenuhi oleh kekayaan bukan dengan kemiskinan dan tumbuhkan keyakinan dalam pikiran anda bahwa satu-satunya cara yang anda bisa gunakan untuk menolong dunia menjadi kaya adalah dengan menjadi kaya melalui metode kreatif bukan dengan cara kompetitif.

Beri perhatian sepenuhnya pada kekayaan. Jangan fokuskan pada kemiskinan. Kapanpun anda berpikir atau berbicara pada orang miskin, berpikir dan berbicaralah pada mereka seolah mereka oang yang kaya, sebagai orang yang dikasih selamat bukan orang yang dikasihani. Lantas mereka dengan yang lain akan menangkap inspirasi anda dan mulai mencari jalan keluar kemiskinan. Karena saya berkata bahwa anda harus memberi seluruh waktu dan pikiran anda pada kekayaan, bukan berarti anda harus menjadi tidak sopan atau kasar. Untuk menjadi benar-benar kaya tujuan paling mulia harus anda punyai dalam hidup, sebab ini menyangkut segala kehidupan anda.

Pada level kompetitif, perjuangan untuk menjadi kaya adalah pertarungan yang tak melibatkan nilai-nilai Tuhan, namun saat kita masuk level kreatif, hal ini berubah. Semua cara yang mungkin bagi pelayanan kebesaran, usaha mulia datang dengan cara menjadi kaya, karena semua dibuat menjadi mungkin dengan menggunakan sesuatu. Anda tak punya tujuan yang lebih mulia, saya ulangi dibanding menjadi kaya anda harus pertahankan perhatian anda pada gambar mental anda dan harus mengesampingkan semua hal yang cenderung mengaburkan dan mematikan gambar mental anda.

Beberapa orang tetap dalam kemiskinan karena abainya mereka pada fakta bahwa adanya persediaan kekayaan buat mereka dan ini bisa diajarkan dengan menunjukkan mereka cara-cara untuk hidup kaya melalui contoh anda dan lewat praktek. Yang lain tetap miskin karena saat mereka merasa adanya suatu jalan keluar mereka malas secara intelektual untuk melakukan usaha mental yang perlu untuk menemukan jalan itu dan menjalankannya. Untuk orang-orang ini hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah membangunkan hasrat meeka dengan menunjukkan kebahagiaan yang timbul dengan menjadi kaya dengan melalui jalan yang benar. Lainnya tetap miskin karena karena walau mereka telah menyadari adanya ilmu untuk menjadi kaya mereka terlalu tenggelam dan tersesat dalam belantara teori yang membuat mereka bingung memilih mana yang harus mereka gunakan. Mereka berusaha mencampur banyak sistem dan gagal semuanya. Untuk orang ini, hal terbaik yang bisa anda lakukan yaitu meunjukkan cara yang benar dengan diri anda sendiri dan lewat praktek. Satu ons praktek melakukan sesuatu lebih baik dari satu ponds teori.
Hal terbaik yang bisa anda lakukan buatlah seluruh dunia menjadi sekaya mungkin. Anda bisa melayani Tuhan dan kemanusiaan dengan paling efektif dengan menjadi kaya yaitu dengan kaya melalui metode kreatif bukan kompetitif. Hal lain kami menegaskan bahwa buku ini memberi prinsip-prinsip ilmu pasti (sains) untuk menjadi kaya secara mendetail, dan jika ini benar anda tak perlu membaca buku lain yang membahas topik yang sama.

Ini kedengaran sempit dan egois, tapi pertimbangkan tak ada metode pada operasi hitung pada matematika kecuali penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian--metode lain tidak mungkin. Hanya ada satu jarak paling dekat diantara 2 titik. Hanya ada satu cara untuk berpikir secara ilmiah yaitu berpikir melalui cara yang mengarah pada tujuan melalui rute yang paling langsung dan sederhana. Tak seorang pun sudah memformulasikan satu sistem yang lebih ringkas dan sederhana dibanding buku ini. Buku ini telah diupayakan agar tidak menyertakan hal-hal tidak penting. Jika anda mulai membaca buku ini, kesampingkan buku lain. Keluarkan segala teori tentang hal yang sama dari pikiran anda. Baca buku ini tiap hari. Bawalah terus bersama anda dan tancapkan diingatan anda, jangan berpikir tentang teori dan sistem lain. Jika tidak, Anda akan mulai mempunyai keraguan-keraguan dan ketidakpastian dan menggoyahkan pikiran anda dan anda mulai membuat kesalahan-kesalahan. Setelah anda mampu mencipta banyak dan menjadi kaya, baru anda boleh belajar sistem lain sebanyak yang anda mau. Dan hanya bacalah komentar-komentar paling optimis tentang berita dunia, berita yang selaras dengan gambaran mental anda. Jangan telibat studi filosofi spiritualisme atau studi-studi semacam itu. Biarkan permasalahan akhirat dan orang mati di belakang anda dan pecahkan masalah anda sendiri; menjadi kaya. Jika anda mulai mencampur ilmu ini dengan klenik, anda mulai berjalan melalui perlintasan mental yang pasti membuat harapan-harapan anda menjadi karam.

Sekarang bab ini dan selanjutnya telah membawa kita pada pernyataan fakta berikut ini: Ada sebuah bahan tak nampak mata (disebut juga substansi tak berbentuk) yang bisa berpikir, bahan yang merupakan asal semua benda yang ada ini dicipta yang dalam keadaan aslinya menembus dan mengisi serta memenuhi ruang-ruang kosong antara benda di alam semesta ini. Sebuah pikiran pada substansi tak berbentuk ini menghasilkan benda yang digambarkan oleh pikiran substansi tak berbentuk ini. Manusia dapat membuat gambar mental sebuah benda di pikirannya dan dengan mencamkan pikirannya pada substansi tak berbentuk ini, ia bisa menghasilkan sebuah benda yang ia pikirkan tadi tercipta dalam bentuk nyata. Untuk melakukannya, seseorang harus pindah dari alam pikiran kompetitif ke alam pikiran kreatif, dia harus membentuk sebuah gambar mental yang jelas dari benda-benda yang ia inginkan dan mempertahankan gambar mental tersebut di alam pikirannya dengan sebuah tujuan yang teguh untuk mendapatkan apa yang ia inginkan atau mewujudkannya menjadi kenyataan dan dengan keyakinan tak tergoyahkan bahwa dia akan mendapat apa yang dia inginkan menutup alam pikirannya terhadap hal-hal yang bisa menggoyahkan tujuannya, mematikan gambar mentalnya tadi atau menggoda keyakinannya.

Dan sebagai tambahannya, kita akan melihat bahwa dia harus hidup dan bertindak dengan cara tertentu.

BAB 11

Bertindak Dengan Cara Tertentu

Berpikir adalah kekuatan penciptaan atau kekuasaan pendorong yang menyebabkan kekuatan kreatif bertindak. Berpikir dengan cara tertentu akan membawa kekayaan ke arah anda tapi anda tak boleh menggantungkan diri pada bepikir saja tanpa memberi perhatian pada tindakan pribadi anda. Inilah batu sandungan yang membuat pemikir ilmiah karam, kegagalan untuk menghubungkan berpikir dengan tindakan pribadi.

Kita belum mencapai tahap perkembangan meskipun kita berharap tahap itu mungkin dicapai manusia, di mana seseorang bisa langsung mencipta tanpa proses alamiah atau lewat tangan manual manusia. Seseorang tak boleh hanya berpikir saja tanpa tindakan pribadinya yang harus melengkapi pikirannya, dengan berpikir anda bisa menyebabkan emas dari jantung gunung diubawa ke arah anda, namun, emas tidak digali sendiri, keluar sendiri membentuk koin sendiri dan menggelinding melalui jalan mencari jalannya sendiri menuju anda.
Di bawah kekuatan tuhan yang maha kuasa, urusan manusia akan diatur hingga seseorang akan diarahkan pada pertambangan emas buat anda. Transaksi bisnis orang lain akan menjadi begitu terarah hingga emas tadi akan dibawa menuju anda. Aktivitas berpikir anda menghasilkan semua hal. Makhluk hidup dan segala benda mati bekerja untuk membantu apa yang anda ingini tapi aktivitas pribadi anda harus sedemikian rupa hingga anda bisa menerimanya secara tepat apa yang anda ingini saat apa yang anda ingini itu datang pada anda. Anda tak mendapatkannya karena pemberian amal atau cuma-cuma atau mencarinya.

Anda harus memberi setiap orang nilai guna yang lebih dari nilai uang yang anda berikan. Penggunaan cara berpikir secara ilmiah yaitu dengan membentuk gambar mental yang jelas dan nyata apa yang anda ingini, dan mewujudkan keyakinan dengan bersyukur bahwa anda mendapat apa yang anda inginkan. Jangan mengarahkan pikiran anda dengan cara misterius dan klenik dengan gagasan supaya orang itu melakukan sesuatu untuk anda. Ini adalah usaha sia-sia dan melemahkan kekuatan kehendak anda untuk berpikir dengan sehat. Kegiatan berpikir untuk menjadi kaya sudah dijelaskan pada bab terdahulu. Keyakinan dan tujuan secara positif mengecamkan gambar mental anda pada substansi tak berpikir, yang mempunyai hasrat yang sama untuk hidup lebih dari yang anda punya dan gambar itu yang diterima dari anda menyebabkan semua kekuatan kreatif bekerja di dalam dan melalui saluran-saluran aksi regular mereka dan diarahkan menuju anda. Bukan bagian anda untuk menuntun cara proses kreatif ini, yang anda harus lakukan adalah mempertahankan gambar mental anda, menguatkan tujuan anda untuk merealisasikannya dan mempertahankan keyakinan serta bersikap bersyukur. Tapi anda harus bertindak dengan cara tertentu sehingga anda bisa menerima apa yang menjadi bagian anda saat apa yang anda ingini itu datang pada anda sehingga anda bisa mendapat apa-apa yang anda punyai di gambar mental anda dan menempatkan anda di tempat yang tepat saat hal itu tiba. Anda bisa benar-benar melihat kebenaran ini. Saat hal-hal tersebut itu datang sampai pada anda, bisa saja akhirnya di tangan orang lain, yang juga meminta hal yang sama seperti yang anda minta, yaitu hal-hal yang datang tadi. Dan anda hanya dapat mendapat apa yang menjadi bagian anda dengan memberi orang lain yang merupakan haknya. Dompet anda tak akan diubah menjadi dompet fortunate yang terisi penuh dengan sendirinya tanpa usaha anda. Ini adalah aspek penting dari ilmu pasti (sains) untuk menjadi kaya di sini, dimana pikiran dan tindakan pribadi harus digabungkan. Ada banyak orang yang sadar atau tak sadar mampu mengarahkan kekuataan kreatif penciptaan dengan kekuatan dan keteguhan hasrat namun tetap miskin karena tidak menyediakan sarana penerimaan saat apa yang diingini itu datang. Dengan berpikir, hal yang anda ingini dibawa menuju anda. Dengan bertindak anda menerimanya. Apapun tindakan anda seharusnya ini merupakan bukti bahwa anda harus bertindak sekarang. Anda tak bisa bertindak di masa lalu dan ini penting untuk membersihkan gambar mental anda hingga anda harus mengosongkan alam pikiran anda. Anda tak bisa bertindak di masa depan, karena masa depan belum ada sekarang ini. Dan anda tak bisa mengatakan bagaimana anda akan ingin bertindak di kesempatan masa depan, hingga kesempatan itu datang. Karena anda tak berada di bisnis yang tepat atau tempat yang tepat, jangan berpikir bahwa anda harus menunda bertindak hingga anda di bisnis dan di lingkungan yang tepat. Dan jangan buang waktu saat ini untuk bepikir tentang tindakan anda pada saat masa-masa kritis yang berpotensi muncul di masa datang, milki keyakinan dan kemampuan anda untuk menghadapi masa kritis itu bila sudah betul-betul datang di hadapan anda. Jika anda bertindak saat ini dan pikiran anda menjangkau masa depan, tindakan anda saat ini anda lakukan dengan pikiran terbagi dan tidak akan efektif. Gunakan seluruh fikiran anda pada tindakan sekarang. Jangan kirimkan kekuatan kreatif anda pada sa, dan kemudian duduk dan menunggu hasil. Jika anda bertindak demikian anda tak akan pernah mendapatkannya.

Bertindaklah sekarang, tak ada waktu lain tapi sekarang dan tak ada waktu lain kecuali sekarang. Jika anda harus mulai untuk siap menerima apa yang anda ingini anda harus mulai dari sekarang. Dan tindakan anda apapun itu harus pada pekerjaan atau bisnis atau kegiatan anda sekarang dan harus dimulai dengan orang-orang dan hal-hal yang ada di lingkungan anda sekarang. Anda tak bisa bertindak di suatu tempat yang anda tak bisa kesana atau bertindak di tempat yang pernah anda tempati di masa lalu atau bertindak di tempat yang akan anda tempati. Anda cuma bisa bertindak hanya di tempat anda sekarang berada. Jangan pikirkan apakah pekerjaan kemarin sukses atau tidak sukses anda selesaikan. Kerjakan tugas anda saat ini dengan baik. Jangan kerjakan tugas besok, saat ini akan ada banyak waktu untuk melakukannya saat anda mendapat tugas itu. Jangan berusaha menggunakan klenik atau mistis pada orang atau benda yang ada di luar jangkauan anda. Jangan menunggu perubahan lingkungan sebelum anda betindak. Raihlah perubahan lingkungan dengan bertindak. Anda bisa berbuat demikian pada lingkungan tempat anda sekarang sebagai sarana bagi anda agar bisa pindah kelingkungan yang lebih baik. Pertahankan keyakinan dan tujuan gambar mental anda dalam lingkungan yang lebih baik tapi bertindaklah pada lingkungan sekarang dengan sepenuh hati anda dan dengan sepenuh pikiran anda. Jangan buang waktu untuk melamun atau mimpi siang bolong. Pertahankan gambar mental apa yang anda ingini dan bertindaklah sekarang. Jangan cari sesuatu yang baru untuk melakukan aksi aneh tak biasa dan luar biasa untuk dilakukan sebagai langkah awal untuk kaya.

Mungkin saja apa yang anda lakukan sekarang merupakan yang telah anda lakukan kemarin-kemarin, namun mulai saat ini anda melakukannya dengan cara tertentu yang pasti membuat anda menjadi kaya. Jika anda tergabung dalam suatu bisnis dan mersa anda tak cocok di situ, jangan tunggu bertindak hingga anda berada di bisnis yang tepat. Jangan merasa tak semangat atau duduk dengan malas karena anda di tempat yang salah. Tak seorang pun begitu salah tempat hingga ia tak bisa menemukan tempat yang tepat dan tak seorang pun begitu menyatu dengan bisnis yang salah hingga ia tak bisa pindah ke bisnis yang tepat. Pertahankan gambar mental anda berada di bisnis yang tepat dengan tujuan merealisasi anda pergi berada di bisnis yang tepat bukan dengan keyakinan bahwa anda akan berada di situ dan sedang menuju tempat itu, tapi bertindaklah di bisnis sekarang. Gunakan bisnis anda sekarang sebagai sarana mendapatkan yang lebih baik dan gunakan tempat anda sekarang sebagai sarana mendapatkan lingkungan yang lebih baik. Gambar mental anda tentang bisnis yang tepat, jika dipertahankan dengan keyakinan dan tujuan akan menyebabkan kekuatan kreatif untuk menggerakkan bisnis yang tepat ke arah anda, dan tindakan anda jika dilakukan dengan cara tertentu akan menyebabkan anda bergerak menuju ke bisnis yang anda inginkan itu. Jika anda seorang karyawan dan hidup dari gaji dan merasa bahwa anda harus mengubah tempat agar mendapat apa yang anda ingini, jangan mengerahkan pikiran anda ke ruangan kosong dan meletakkannya untuk mendapatkan pekerjaan lain. Ini akan gagal. Pertahankan gambar mental diri sendiri pada pekerjaan yang anda ingini saat anda bertindak dengan yakin dan dengan tujuan, pada pekerjaan yang anda punyai sekarang dan anda pasti mendapat pekerjaan yang anda ingini. Gambar mental anda dan keyakinan akan menggerakkan kekuatan kreatif agar membawa pekerjaan itu untuk anda dan tindakan anda akan menyebabkan kekuatan-kekuatan di lingkungan anda menggerakkan anda menuju tempat yang anda ingini.

Untuk menutup bab ini kita akan menambah pernyatan lain dalam prinsip-prinsip ini hingga dia akan menerima apa yang dia ingini. Saat hal itu datang seseorang harus bertindak sekarang, bertindak terhadap orang-orang dan segala sesuatu di tempatnya sekarang.

Tindakan efektif

Anda harus menggunakan pikiran anda sebagaimana diarahkan bab-bab sebelumnya dan mulailah melakukan apa yang bisa anda lakukan di posisi anda sekarang dan anda harus melakukan semua yang anda bisa lakukan di posisi anda sekarang. Anda hanya bisa berkembang ke tempat lebih baik hanya jika anda lebih besar dari tempat atau posisi anda sekarang dan tak seorang pun bisa lebih besar dari posisinya bila dia mengabaikan banyak pekerjaannya pada tempatnya sekarang. Dunia dikembangkan oleh orang-orang yang bisa mengisi lebih pada posisinya sekarang. Jika tak seorang pun mengisi tempatnya dengan cukup baik anda pasti akan melihat segala kemunduran dalam segala hal. Siapa-siapa yang tidak cukup mengisi tempatnya sekarang adalah mayat hidup yang membebani masyarakat, pemerintah perdagangan dan industri. Mereka harus ditopang oleh orang lain dengan biaya besar. Kemajuan dunia diperlambat hanya oleh orang yang tidak mengisi perannya ditempat mereka saat ini. Mereka milik masa lalu dan kecenderungan mereka adalah kemunduran dan degenerasi. Tak ada masyarakat bisa maju jika setiap orang lebih kecil dari tempat mereka. Evolusi sosial dituntun oleh hukum evolusi mental dan sosial. Di dunia hewan evolusi disebabkan oleh perkembangan kehidupan. Bila suatu organisme telah mempunyai kehidupan lebih dari yang bisa diekspresikan dalam fungsi tahap-tahap perkembangan fisiknya, organisme tersebut berkembang organorannya ke tahap organisme yang lebih tinggi dan satu spesies baru telah lahir. Tak akan pernah ada spesies baru jika tak ada organisme yang mengisi lebih baik dari tempat mereka. Hukum itu sama persis dengan yang berlaku bagi anda. Keberadaan anda menjadi kaya tergantung dari penerapan prinsip-prinsip ini pada urusan-urusan anda. Setiap hari bisa jadi adalah hari sukses atau hari gagal dan hari-hari sukses lah yang memberi anda apa yang anda ingini. Jika setiap hari adalah kegagalan anda tak pernah kaya, sementara jika setiap hari adalah kesuksesan anda pasti akan kaya. Jika ada sesuatu yang dilakukan hari ini dan anda tak melakukannya anda telah dianggap gagal sejauh masalah ini dan konsekuensinya bisa lebih fatal dari yang anda bayangkan. Anda tak bisa meramalkan hasil-hasil dari suatu hal yang bahkan anda anggap remeh. Anda tak tahu kerja semua kekuatan yang telah disiapkan agar bergerak untuk kepentingan anda.sebagian besar mungkin tergantung tindakan anda melakukan sesuatu yang sederhana dan hal yang sederhana itu bisa saja hal yang amat penting yang menimbulkan kesempatan anda untuk peluang-peluang yang sangat besar. Anda tak pernah tahu semua kombinasi-kombinasi yang disediakan buat anda pada dunia benda dan umat manusia. Keabaian anda untuk melakukan beberapa hal kecil mungkin menyebabkan satu penundaan yang lama dalam mendapatkan apa yang anda inginkan. Lakukan setiap hari semua yang bisa dilakukan hari itu.

Bagaimanapun ada satu batasan atau kualifikasi hal diatas yang harus anda perhatikan. Anda tak perlu kerja berlebihan atau tergesa-gesa membabi buta dalam usaha anda untuk melakukan sejumlah hal dalam jumlah besar dalam waktu sesedikit mungkin. Anda tak perlu melakukan pekerjaan esok pada hari ini atau pekerjaan satu minggu dalam satu hari. Yang dihitung bukan jumlah yang anda kerjakan tapi efisiensi setiap pekerjaan terpisah yang dihitung. Setiap tindakan dalam satu tindakan yang dilakukan itu bisa bernilai gagal atau sukses. Setiap tindakan bisa dianggap efektif dan efisien atau tidak efektif dan tidak efisien. Setiap tindakan yang tidak efisien adalah sebuah kegagalan dan jika anda habiskan hidup anda untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak efektif  seluruh kehidupan anda adalah kegagalan. Semakin banyak yang anda lakukan semakin buruk buat anda, jika semua tindakan anda tidak efektif. Di sisi lain setiap tindakan efisien adalah sebuah kesuksesan dan jika setiap tindakan hidup anda adalah tindakan efektif seluruh hidup anda pasti sebuah kesuksesan. Penyebab kegagalan adalah melakukan terlalu banyak hal-hal dengan tindakan yang tidak efektif dan tidak melakukan cukup hal dengan tindakan efisien. Anda akan melihat bahwa ada proposisi pembuktian diri anda sendiri bahwa jika anda tak melakukan tindakan yang tidak efisien dan jika anda melakukan sejumlah tindakan yang efisien anda akan jadi kaya. Jika sekarang ini mungkin bagi anda untuk membuat setiap tindakan menjadi tindakan efektif, anda melihat lagi bahwa menjadi kaya telah direduksi menjadi satu ilmu eksak seperti matematika. Lalu tibalah pada pernyataan apakah anda bisa melakukan tindakan yang terpisah dan masing-masing tindakan menjadi sukses? Anda pasti bisa. Anda bisa membuat & menghasilkan masing-masing tindakan menjadi satu kesuksesan, karena semua kekuatan bekerja dengan anda dan semua kekuatan tidak pernah gagal. Kekuatan ada pada kendali anda. Dan untuk membuat masing-masing tindakan efisien anda hanya perlu meletakkan kekuatan tersebut pada tindakan itu. Setiap tindakan itu bisa kuat atau lemah.  Bila setiap tindakan itu kuat anda bertindak dengan cara tertentu yang akan membuat anda kaya. Setiap tindakan bisa dibuat kuat dan efisien dengan cara mempertahankan gambar mental anda saat anda sedang melakukan tindakan pekerjaan dan meletakkan seluruh kekuatan keyakinan dan tujuan anda pada tindakan tersebut. Inilah alasan mengapa orang-orang yang memisahkan kekuatan mental dengan tindakan pribadi gagal. Mereka menggunakan kekuatan pikiran di satu tempat dan satu waktu dan mereka bertindak dengan cara lain di waktu dan tempat lain. Hingga tindakan-tindakan itu tidak bisa tergolong sukses dan juga tidak efisien. Namun jika semua kekuatan disatukan dalam setiap tindakan seberapa biasa dan sederhana kelihatannya, setiap tindakan akan merupakan sebuah kesuksesan. Dan karena anda ingin dan kemajuan apa yang anda ingini menuju anda akan menjadi sanga cepat. Ingat bahwa tindakan yang sukses bersifat kumulatif dalam hasil-hasilnya. Karena hasrat untuk adanya kehidupan yang lebih melekat pada makhluk hidup, apabila seseorang mulai bergerak menuju kehidupan yang lebih besar, lebih banyak hal dengan sendirinya mendekati orang itu dan pengaruh atau efek dari hasrat orang itu menjadi berlipat. Kerjakan tiap hari apa yang bisa anda kerjakan hari itu, kerjakan setiap tugas atau tindakan dengan sikap atau tindakan efisien. Ketika dikatakan bahwa anda harus mempertahankan gambar mental ketika anda sedang melakukan setiap tindakan betapa remeh pun, saya tak bermaksud setiap saat anda melihat gambar mental secara nyata sehingga detail-detailnya yang paling kecil. Namun, luangkan waktu anda untuk mempraktekkan hal tersebut. Dengan kontemplasi terus menerus anda akan mendapat gambar apa yang anda inginkan, hingga detailnya yang terkecil tertancap kuat di alam pikiran anda, hingga secara utuh ditransfer ke alam pikiran. Di jam-jam kerja anda anda hanya perlu mengingat gambar mental tersebut untuk merangsang keyakinan dan tujuan anda serta menyebabkan usaha terbaik anda bisa keluar. Lakukan kontemplasi gambar anda di jam-jam senggang anda hingga kesadaran anda penuh dengan gambar tersebut hingga anda dapat mengingatnya dalam sekejap. Anda akan menjadi sangat antusias dengan janji-janji gambar mental bahwa hanya pikiran itu saja mengenai gambar akan mampu mengeluarkan energi-energi potensial terkuat sebagai seorang makhluk hidup sempurna. Dia harus membentuk gambar mental yang jelas dan apa-apa yang dia ingini, dan dengan keyakinan serta tujuan harus melakukan semua yang bisa dilakukan tiap hari, melakukan setiap tindakan dalam sebuah sikap yang efisien.

Pindah ke bisnis yang tepat

Kesuksesan dalam usaha tertentu dalam satu hal tergantung keahlian yang anda punya yang cocok dengan jenis usaha tersebut. Tanpa keahlian musik, anda tak bisa sukses sebagai guru musik. Tanpa keahlian mekanik, seorang pun tak bisa mencapai sukses besar di bidang mekanik. Tanpa keahlian berdagang, seseorang tak akan sukses di bidang perdagangan. Namun, memiliki keahlian hebat yang dibutuhkan dalam satu pekerjaan tak menjamin anda kaya. Ada musisi yang punya bakat luar biasa hebat tapi tetap miskin. Ada tukang kayu, pandai besi dan pekerjaan lain yang mempunyai keahlian luar biasa hebat tapi tidak kaya. Ada juga pedagang yang mempunyai kemampuan hebat berhubungan dengan orang lain namun juga gagal. Keahlian adalah alat. Penting bagi anda mempunyai alat bagus. Namun lebih penting lagi bila alat tersebut digunakan dengan cara tepat. Seorang bisa mengambil gergaji yang tajam dan satu bahan dan alat-alat lain untuk membuat satu furniture yang bagus. Orang lain lagi menggunakan alat dan bahan yang sama dan mencontoh furniture yang dihasilkan tukang pertama tadi, tapi hasilnya jelek. Ia tak tahu cara menggunakan alat tersebut dengan cara yang sukses. Berbagai macam keahlian alam pikiran anda adalah alat-alat yang harus anda pergunakan untuk bekerja agar anda bisa menjadi kaya. Akan lebih mudah bagi anda untuk sukses jika anda memasuki suatu usaha yang anda dilengkapi dengan alat-alat mental. Mudahnya, anda akan melakukan yang terbaik di usaha yang menggunakan keahlian terbaik anda, yang secara alamiah cocok buat anda. Namun, ada batasan-batasan bagi pernyataan-pernyataan di atas. Tak seorang pun harus menganggap pekerjaannya harus sesuai dengan bakatnya. Anda bisa kaya di usaha apapun, karena jika anda tak punya bakat yang tepat anda bisa mengembangkan bakat yang dibutuhkan. Intinya, bakat bisa diasah sambil bekerja, tak harus terikat dengan bakat yang anda bawa sejak lahir. Memang lebih mudah bagi anda sukses di pekerjaan yang anda punya bakat terasah pada bidang itu, tapi anda bisa sukses di pekerjaan apapun, karena anda bisa mengembangkan bakat dasar dan tak ada bakat dasar di bidang apapun yang tak anda punyai. Anda akan menjadi kaya paling mudah bila anda bekerja di usaha yang cocok dengan bakat anda, tapi anda akan kaya dengan memuaskan bila anda melakukan pekerjaan yang anda ingin melakukannya. Melakukan apa yang anda ingin lakukan adalah kehidupan. Dan tak ada kepuasan sejati dalam kehidupan jika kita dipaksa melakukan sesuatu yang kita tak suka melakukannya dan tak pernah bisa melakukan yang ingin kita lakukan. Dan pasti anda ingin melakukan yang ingin anda lakukan. Hasrat untuk melakukan yang ingin anda lakukan bukti bahwa ada kekuatan dalam diri anda yang bisa melakukan pekerjaan itu. Hasrat untuk menemukan alat-alat mekanik adalah bakat bidang mekanik yang mencari perwujudan ekspresi dan perkembangan. Di mana ada kekuatan baik yang sudah berkembang yang tak berkembang untuk melakukan sesuatu berarti tak pernah ada hasrat untuk melakukan pekerjaan itu dan dimana ada hasrat kuat untuk melakukan sesuatu pekerjaan itu merupakan bukti bahwa ada kekuatan untuk melakukan pekerjaan itu dan hanya memerlukan untuk dikembangkan dan diterapkan dengan cara yang tepat. Karena semua pekerjaan itu setara, paling baik bila anda pilih usaha yang anda punya bakat terasah di bidang itu namun jika anda punya hasrat kuat untuk bekerja di pekerjaan tertentu, anda sebaiknya memilih pekerjaan sebagai tujuan akhir yang anda tuju. Anda bisa melakukan apa yang ingin anda lakukan dan merupakan hak anda untuk memilih usaha atau pekerjaan yang paling menyenangkan dan cocok buat anda. Anda tak boleh dipaksa melakukan apa yang anda tak suka melakukannya dan sebaiknya tak melakukannya kecuali sebagai sarana yang membawa anda untuk mendapat pekerjaan yang anda ingini. Jika ada beberapa kesalahan masa lalu anda dengan segala macam konsekuensinya menempatkan anda pada lingkungan dan usaha salah saat ini, anda mungkin terpaksa dalam beberapa waktu melakukan apa yang tak anda sukai tapi anda bisa membuat apa yang anda lakukan sekarang itu jadi nenyenangkan dengan mengetahui bahwa sangat mungkin bagi anda untuk menuju ke pekerjaan yang anda sukai. Jika anda merasa bahwa anda tidak berada dipekerjaan yang tepat, jangan berusaha terlalu membabi buta untuk mendapatkan pekerjaan yang lain. Cara terbaik umumnya mengubah usaha dan tempat tinggal melalui pertumbuhan alamiah. Jangan takut membuat perubahan radikal dan tiba-tiba, substansi tak berbentuk jika kesempatan diberikan pada anda dan anda merasa bahwa setelah berpikir hati-hati kesempatan itu adalah kesempatan yang tepat, namun jangan lakukan perubahan radikal dan tiba-tiba, substansi tak berbentuk jika anda ragu-ragu melakukannya setelah berpikir. Tak boleh ada ketergesaan di level kreatif, tak pernah ada kekurangan kesempatan, saat anda keluar dari pikiran level kompetitif, anda akan faham bahwa tak pernah perlu bertindak tergesa-gesa dan membabi buta. Tak seorang pun akan merebut pekerjaan impian anda, ada cukup untuk semua. Jika satu kesempatan diambil, kesempatan lain dan yang lebih baik akan terbuka bagi anda di masa akan datang. Masih ada cukup banyak waktu jika anda ragu, tunggulah. Kembalilah, kembali kontemplasikan gambar mental anda, tingkatkan keyakinan anda dan tujuan anda. Dan tentu saja saat anda dalam keraguan dan ketidakyakinan, tumbuhkanlah rasa bersyukur. Satu hari dan dua hari sediakan waktu untuk mengkontemplasikan visi yang anda ingini. Dalam pernyataan syukur dan terimakasih, anda sedang menerima apa yang anda ingini, dan akan membawa alam pikiran anda kedalam hubungan yang dekat dengan Tuhan yang membuat anda tak melakukan kesalahan. Saat anda melakukan tindakan, pikiran yang mengetahui semua yang ada yang perlu diketahui dan anda bisa berada dalam jarak dekat dengan pikiran ini dengan yakin dan tujuan demi perkembangan hidup. Jika anda punya rasa syukur yang besar, kesalahan-kesahan terjadi karena bertindak tergesa-gesa dan membabi buta dan berindak dengan rasa takut atau ragu atau lupa pada motif yang benar bahwa segalanya harus menguntungkan bagi semua orang dan tak merugikan siapapun. Saat anda terus melakukan sesuatu dengan cara tertentu kesempatan yang melimpah akan datang pada anda dalam jumlah yang meningkat. Anda akan membutuhkan keteguhan dalam keyakinan dan tujuan dan untuk menjaga hubungan yang erat dengan Tuhan dengan rasa syukur yang besar. Lakukan semua yang bisa anda lakukan dengan sikap sukses sempurna setiap hari, dan melakukannya tanpa rasa khawatir serta takut tergesa-gesa. Lakukan secepat yang anda bisa tapi jangan pernah tergesa-gesa. Ingat bahwa disaat anda mulai tergesa-gesa anda berhenti menjadi kreator atau pencipta dan menjadi kompetitor. Anda jatuh kembali ke pola lama lagi. Kapan pun anda merasa tergesa-gesa, berhentilah. Perhatikan anda pada gambar mental anda tentang apa yang anda ingini dan mulailah bersyukur bahwa anda sedang mendapat apa yang anda ingini. Latihan dan melakukan rasa syukur tak pernah gagal menguatkan keyakinan anda dan memperbaharui tujuan anda.

Kesan akan perkembangan

Apakah anda mengubah pekerjaan anda atau tidak, tindakan anda pada saat ini harus berhubungan dengan usaha atau pekerjaan yang anda tekuni saat ini. Anda bisa mendapatkan akses pada pekerjaan atau usaha yang anda ingini dengan membuat penggunaan konstruktif bisnis anda saat ini, dengan melakukan pekerjaan harian anda saat ini dengan cara tertentu. Dan sejauh usaha anda menyebabkan anda berhubungan dengan orang lain, baik lewat tatap muka atau dengan komunikasi surat, pikiran kunci dari semua usaha anda harus memberi kesan akan perkembangan pada pikiran mereka. Perkembangan apa yang mereka cari adalah dorongan dalam diri mereka yang mencari perwujudan ekspresi. Hasrat untuk berkembang adalah sifat yang melekat pada semua makhluk, insting dasar alam semesta. Semua aktifitas manusia didasari pada hasrat untuk berkembang. Orang-orang mencari makanan yang lebih, baju, selimut, kemewahan, keindahan, pengetahuan, kesenangan, perkembangan dalam sesuatu dan kehidupan lebih. Setiap makhluk hidup tunduk pada kebutuhan untuk perkembangan terus menerus. Bila perkembangan makhluk hidup berhenti kemusnahan dan kematian tiba. Manusia secara insting mengetahui ini. Oleh sebab itu dia selalu mencari lebih. Hasrat normal untuk kekayaan bukanlah sesuatu yang bersifat buruk dan patut dicela, secara sederhana itu adalah keinginan untuk kehidupan yang lebih berlimpah. Hasrat ini adalah aspirasi. Dan karena hasrat ini adalah insting terdalam dari sifat alamiah manusia, semua orang tertarik pada orang-orang yang mampu memberi mereka lebih banyak sarana bagi kehidupan yang lebih baik.

Di bab berikut cara tetentu anda akan mendapat perkembangan diri sendiri secara terus menerus. Anda juga memberi yang sama pada siapa saja yang berhubungan dengan anda; pusat penciptaan di mana perkembangan diberikan pada semua. Yakini ini dan beri kepastian tentang fakta pada setiap manusia laki-laki dan perempuan dan anak-anak yang berhubungan dengan anda. Berikan kesan perkembangan dengan suatu yang anda lakukan sehingga semua orang akan menerima kesan bahwa anda punya kepribadian yang berorientasi pada perkembangan dan bahwa anda mengembangkan semua orang yang berhubungan dengan anda. Bahkan terhadap orang-orang yang anda jumpai dalam pergaulan sosial pun, tak ada kepentingan bisnis sekalipun dan tanpa potensi menjual apapun, berilah pikiran perkembangan. Anda bisa memberi kesan ini dengan memegang keyakinan teguh bahwa diri anda ada pada jalur perkembangan dengan membiarkan keyakinan ini menginspirasi, mengisi dan menembus setiap aksi atau tindakan. Yakini bahwa anda adalah pribadi unggul dan anda memberi perkembangan bagi setiap orang. Rasakan bahwa anda sedang akan menjadi kaya dan tindakan anda berefek membuat mereka kaya dan memberi semua. Jangan menyombongkan kesuksesan anda atau membicarakannya tanpa perlu karena keyakinan sejati tak pernah sombong. Kapanpun anda bertemu orang sombong anda bertemu orang-orang yang secara diam-diam ragu atau takut.

Secara sederhana rasakan keyakinan. Biarkan bekerja pada setiap transaksi. Biarkan setiap tindakan ucapan dan penampilan anda menunjukkan jaminan bahwa anda sedang menjadi kaya, bahwa anda sudah kaya. Kata-kata tak begitu penting untuk mengkomunikasikan perasaan ini pada orang lain. Mereka akan merasakan kehadiran anda dan akan tertarik ke anda lagi. Anda harus memberi kesan sedemikian rupa hingga mereka merasa bahwa dengan berhubungan dengan anda mereka merasa diri mereka berkembang.

Lihat bahwa anda memberi mereka nilai guna yang lebih dari nilai uang yang anda ambil dari mereka. Jujurlah dalam melakukannya dan biar orang-orang tahu itu dan anda tak akan pernah kehabisan pelanggan. Orang akan pergi ke tempat di mana mereka mendapat perkembangan dan yang juga menginginkan perkembangan pada semua dan yang mengetahui semua akan menggerakkan laki-laki dan perempuan yang belum pernah mendengar anda akan menuju anda. Usaha anda akan berkembang cepat dan anda akan terkejut dengan keuntungan tak terduga yang akan datang pada anda. Dari hari ke hari anda akan menapat kombinasi-kombinasi yang lebih besar, mendapat keuntungan-keuntungan yang lebih besar dan mendapat akses ke pekerjaan yang anda sukai. Jika anda menginginkannya. Namun, ketika melakukan ini, anda tak boleh kehilangan pandangan gambar mental anda mengenai apa yang anda ingini atau yakini dan tujuan untuk mendapatkan yang anda ingini. Mari saya ingatkan lagi berkaitan dengan motif: waspadailah godaan hati anda untuk menggunakan kekuatan mental atas orang lain. Tak ada yang begitu menyenangkan bagi alam pikiran yang belum berkembang secara utuh seperti penggunaan kekuatan dan dominasi atas orang lain. Hasrat untuk menguasai orang lain bagi kepuasan egois merupakan kutukan bagi dunia. Karena untuk jangka waktu yang lama banyak raja dan bangsawan telah menumpahkan darah dalam pertempuran untuk meluaskan dominasi, mereka bukan untuk mencari kehidupan lebih buat semua, tapi hanya untuk mendapatkan kekuasaan lebih buat mereka sendiri. Hari ini motif utama dari dunia bisnis dan industri sama saja. Orang-orang mempersenjatai perusahaan mereka dan membuang kehidupan dari hati jutaan orang dengan pertempuran yang sama untuk mendapat kekuasaan atas orang lain. Raja komersial, seperti raja politik didorong oleh gairah akan kekuasaan. Hati-hati dengan godaan untuk mendapat otoritas untuk menjadi penguasa agar dianggap sebagai orang yang berada di atas orang umumnya, berkesan bagi orang lain dengan tampilan hebat dan lain-lain. pikiran yang mencari kekuasaan atas orang lain adalah pikiran kompetitif dan kompetitif itu bukan kreatif. Untuk menguasai lingkungan atau nasib anda, sama sekali tak penting bagi anda untuk menguasai anak buah anda dan tentu saja buat anda jatuh pada perjuangan sekadar untuk meraih tempat tinggi anda mulai di kuasai oleh nasib dan lingkungan dan walau anda kaya  maka anda menjadi penguasa kesempatan dan spekulasi. Waspadai cara berfikir kompetitif. Tak ada pernyataan yang lebih baik tentang aksi kreatif yang dinyatakan oleh Jones of  Toledo: yang aku ingin buat diriku sendiri aku ingin buat semua orang.

Kepribadian unggul

Yang telah saya katakan di bab sebelum ini berlaku juga bagi pekerja profesional dan karyawan, juga orang-orang yang bekerja pada bidang penjualan atau sembarang usaha apapun. Tak masalah apakah anda seorang dokter, seorang guru, atau tokoh agama, jika anda bisa memberi perkembangan atau meningkatkan kehidupan pada orang lain dan membuat mereka merasakan fakta itu, mereka akan tertarik pada anda dan anda akan kaya. Dokter yang mempertahankan visi dirinya sebagai seorang penyembuh sukses dan bekerja menuju perwujudan komplet visi tersebut dengan keyakinan dan tujuan seperti digambarkan dalam bab sebelumnya ,dia akan berada dekat dengan sumber kehidupan hingga dia akan mendapat sukses fenomenal; pasien akan berbondong-bondong. Tak seorang pun punya kesempatan lebih besar mendapatkan efek pengajaran buku ini lebih besar dari praktisi di bidang kesehatan. Tak masalah dari alunni mana saja dirinya, karena prinsip penyembuhan menyangkut semua manusia. Kepribadian unggul bidang kesehatan yang mempertahankan pada gambar mental yang jelas pada dirinya sendiri sebagai orang sukses dan yang mematuhi hukum keyakinan tujuan dan bersyukur akan menyembuhkan setiap penyakit yang bisa disembuhkan setiap harinya. Di bidang agama, dunia membutuhkan pengkhotbah yang mengajar para pendengarnya ilmu sejati tentang kehidupan yang berkelimpahan. Ia yang menguasai detail dari ilmu pasti (sains) untuk menjadi kaya dan yang mengajarnya dari mimbar tak akan pernah kekurangan jamaah. Inilah kalimat suci yang dunia butuhkan karena ilmu ini memberi perkembangan kehidupan dan orang-orang akan mendengarnya dengan senang dan memberi dorongan liberal bagi pengkhotabah yang membawa ilmu itu bagi mereka.

Yang dibutuhkan sekarang adalah satu demonstrasi tentang sains kehidupan dari mimbar. Kita membutuhkan pengkhotbah yang dirinya sendiri kaya sehat dan dicintai, yang mengajar kita bagaimana mendapatkan hal-hal di atas dan apabila dia datang ia diikuti banyak pengikut yang loyal. Sama juga bagi guru yang dapat menginspirasi murid-murid dengan keyakinan dan tujuan akan hidup yang unggul. Dia tak akan pernah keluar dari sebuah pelajaran dan siapapun guru yang punya keyakinan dan tujuan dapat memberinya ilmu pada murid-muridnya. Dia pasti memberi ilmu ini jika ilmu ini bagian dari praktek dan hidupnya sendiri. Yang benar bagi guru, pengkhotbah dokter juga berlaku bagi pengacara, dokter gigi, agen real estate, agen asuransi, juga setiap orang. Kombinasi aksi pribadi dan mental yang telah saya gambarkan tak bisa salah dan tak dapat gagal. Setiap orang yang mematuhi instruksi-instruksi ini dengan teguh dan gigih akan menjadi kaya. Hukum perkembangan hidup pasti dalam operasinya; seperti hukum gravitasi. Menjadi kaya adalah sebuah ilmu pasti. Orang yang dapat uang dari gaji akan membuktikan kebenarannya, sebagaimana yang dibuktikan para professional di atas. Jangan merasa anda tak punya kesempatan menjadi kaya karena anda sedang bekerja di tempat di mana tak ada kesempatan terlihat bagi kemajuan anda, dimana gaji kecil dan biaya hidup tinggi. Bentuk gambar mental yang jelas tentang apa yang anda ingini, mulailah bertindak dengan keyakinan dan tujuan. Kerjakan apa yang bisa anda lakukan tiap hari dan lakukan setiap tugas dengan cara dan sikap sukses. Bawa kekuatan sukses dan tujuan untuk menjadi kaya pada segaala sesuatu yang anda lakukan. Tapi jangan lakukan ini semata-mata karena gagasan untuk menyenangkan atasan anda dalam harapan agar ia senang atau agar ia melihat kerja anda dan mengangkat posisi anda. Tak mungkin mereka akan melakukan yang demikian. Seseorang yang melakukan pekerjaan hebat yang mengisi tempatnya dengan kemampuan yang terbaik dan puas dengan hal itu, memang bekerja buat majikannya, tapi bukan kepentingan majikannya untuk memperbaiki posisinya. Dia layak pada posisi yang lebih baik di mana sekarang.

Untuk mendapatkan kemajuan ada yang lebih penting dari menjadi lebih besar dari posisi anda. Orang yang pasti akan maju adalah orang yang terlalu besar untuk posisinya saat ini, yang gigih untuk menjadi apa yang ia ingini. Jangan berusaha untuk mengisi lebih dari tempat anda hanya untuk menyenangkan majikan anda. Lakukan itu dengan tujuan demi perkembangan anda sendiri. Pertahankan keyakinan dan tujuan perkembangan selama jam-jam kerja, setelah jam kerja dan sebelum jam kerja. Pertahankan sedemikian rupa sehingga setiap orang yang berhubungan dengan anda apakah itu mandor, karyawan atau teman pergaulan sosial akan merasakan kekuatan dari tujuan yang keluar dari anda, hingga setiap orang akan merasakan peningkatan dari anda. Orang-orang akan tertarik pada anda. Saat ini tak ada kesempatan pada pekerjaan anda sehingga gagal membawa peluang bagi pribadi unggul yang bertindak tunduk pada hukum alam. Tuhan malu bila tak membantu anda jika anda bertindak dengan cara tertentu. Dia harus membantu anda karena hakikatnya membantu dirinya sendiri. Tak ada apapun pada situasi industri atau nasib anda yang membuat anda harus tetap dibawah. Jika anda tak kaya karena bekerja di industri baja, anda akan kaya dengan pertanian 10 acre. Dan jika anda mulai bertindak dengan cara tertentu anda pasti akan keluar dari kemelut industri baja dan mendapatkan tanah pertanian atau kemanapun anda ingin. Jika ribuan karyawan pabrik baja bertindak dengan cara tertentu , pabrik baja akan kehabisan karyawannya. Karena keberadaan hukum ini menyebabkan karyawan mempunyai peluang lebih atau keluar dari bisnis ini. Tak seorang pun dipaksa bekerja bagi pemilik modal besar. Pemilik modal besar bisa memaksa orang-orang hidup dalam kondisi menyedihkan sepanjang orang-orang itu abai dengan ilmu ilmu pasti (sains) untuk menjadi kaya atau secara intelektual malas mempraktekannya. Mulailah berpikir dan bertindak dengan cara di atas, dengan keyakinan dan tujuan anda akan membuat anda dalam waktu yang sangat melihat kesempatan ke kondisi yang jauh lebih baik. Kesempatan sepeti itu akan cepat datang karena yang maha kuasa bekerja pada semua dan bila kesempatan untuk menjadi lebih dari tempat anda sekarang diberikan pada anda untuk itu, ambillah. Ini akan menjadi langkah awal untuk kesempatan lebih besar. Tak ada kemungkinan yang sedemikian rupa di atas ini terdekat pada hukum alam. Segala hal diperuntukkan baginya da bersatu bekerja baginya. Dan dia pasti menjadi kaya jika ia bertindak dan berpikir dengan cara tertentu. Maka misi para orang-orang yang hidup dari gaji belajar buku ini dengan kepedulian yang besar dan melakukan instruksinya dengan percaya diri. Apapun ia tak akan gagal.





Newer Post Older Post Home

0 comments: